Sistem Dekontaminasi: Benarkah Sistem ini Lebih Baik Dibandingkan Sistem Filtrasi?

Sistem Filtrasi digunakan di kebanyakan produk penjernih udara yang beredar di pasaran. Di sisi lain, sistem dekontaminasi lebih umum bagi mereka yang bekerja di lingkungan rumah sakit.

Kebutuhan masyarakat terhadap produk penjernih udara meningkat secara signifikan selama pandemi ini. Keunggulan produk yang dijanjikan mampu menyediakan udara bersih, menghilangkan debu dan bau, serta membunuh virus dan bakteri merupakan daya tarik utama dari produk semacam ini. Sebelum kita menggali lebih dalam mengenai keunggulan-keunggulan tersebut, mari kita pelajari bagaimana sebenarnya sistem filtrasi bekerja.

Secara sederhana, produk penjernih udara yang menggunakan sistem filtrasi bekerja dengan menyedot udara dan partikel lain yang berterbangan di udara. Udara dan partikel tersebut kemudian akan melewati High-Efficiency Particulate Air (HEPA) Filter, yang akan membuat partikel dengan ukuran lebih besar dari 0,3 mikron di dalamnya. Mesin kemudian akan menyalurkan udara bersih ke luar.

Sekarang, mari kita bicara tentang keunggulan sistem ini. Mampukah sistem filtrasi membersihkan udara? Mampukah sistem ini menghilangkan debu dan bau? Mampukah sistem ini membunuh virus dan bakteri?

Untuk pertanyaan pertama, jawabannya tergantung pada cara Anda mendefinisikan “udara bersih”. Udara yang dikeluarkan mesin memang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan udara yang disedot masuk. Tapi, partikel dengan ukuran kurang dari 0,3 mikron masih bisa melewati HEPA Filter dan dikeluarkan lagi bersamaan dengan udara bersih yang sudah disaring. Jadi, jika Anda merasa nyaman dengan definisi “udara bersih” seperti itu, maka jawabannya adalah ya, sistem filtrasi mampu membersihkan udara.

Pertanyaan nomor dua; mampukah sistem filtrasi menghilangkan debu dan bau?

Jawabannya kurang lebih sama. Jika partikel debu dan bau berukuran lebih dari 0,3 mikron, partikel tersebut akan terperangkap di HEPA Filter. Sementara itu, partikel dengan ukuran yang lebih kecil akan kembali disebarkan ke luar.

Pertanyaan nomor tiga; mampukah sistem filtrasi membunuh virus dan bakteri?

Secara umum, HEPA Filter tidak mampu membunuh virus dan bakteri. Sekali lagi, virus dan bakteri dengan ukuran lebih dari 0,3 mikron akan terperangkap di dalam filter tapi filter tersebut tidak memiliki kemampuan untuk membunuhnya. Partikel virus dan bakteri memang akan mati dalam hitungan jam atau hari, tapi HEPA Filter tidak memiliki zat aktif yang mampu membunuh virus dan bakteri. Sementara itu, virus dan bakteri yang lebih kecil dari 0,3 mikron akan mampu melewati filter dan keluar lagi dari mesin.

Sistem dekontaminasi memiliki cara kerja yang berbeda. Sistem ini melepaskan zat dekontaminasi yang mampu membunuh virus dan bakteri. Aerosafe baru-baru ini meluncurkan dua perangkat dekontaminasi yang dinamai Aerosafe Portable dan Aerosafe Mini. Kedua perangkat tersebut menawarkan teknologi Ozon dan Ion Negatif di dalamnya sementara Aerosafe Portable memiliki tambahan zat Food-grade Hydrogen Peroxide dan HEPA Filter.

Aerosafe mengombinasikan komponen-komponen tersebut berdasarkan penelitian-penelitian internasional. Bukan hanya itu, Aerosafe juga telah memastikan efektivitas dan keamanan produknya dengan mengirimkan produk kepada lembaga-lembaga terbaik untuk proses pengujian. Hasilnya, kedua produk lulus uji verifikasi terhadap IEC 60601-1:2014 yang dilaksanakan oleh SUCOFINDO. Hal ini menunjukkan bahwa baik Aerosafe Mini dan Aerosafe Portable telah memenuhi standar teknis untuk keamanan dan performa inti dari perangkat elektronik medis.

Dalam hal kemampuan Aerosafe Mini dan Aerosafe Portable dalam membasmi bakteri, Laboratorium Saraswanti dipilih untuk menjalankan rangkaian pengujian untuk kedua produk tersebut. Hasilnya, Aerosafe Mini mampu membasmi 98,3% bakteri Escherichia Coli dan 97,9% bakteri Staphylococus Aureus dalam satu menit saja. Sementara itu, dengan system yang lebih lengkap, Aerosafe Portable mampu membunuh 99,7% bakteri Escherichia Coli dan 99% bakteri Staphylococus Aureus dalam jangka waktu yang sama.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, apakah Anda yakin bahwa sistem filtrasi mampu mengatasi permasalahan terkait udara yang sedang berlangsung? Jika Anda benar-benar khawatir akan kualitas udara di sekitar Anda, pilihlah sistem dekontaminasi standar rumah sakit karena sistem ini mampu memberikan perlindungan tanpa henti terhadap virus dan bakteri.

Share Via:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin